Monday, January 8, 2018

PERBEDAAN INTERNET DAN INTRANET

Assalamualaikum, Wr.Wb
Berjumpa kembali dengan saya, kali saya akan berbagi sedikit tulisan yang berhubungan dengan internet dan intranet.


berikut ini adalah perbedaan internet dan intranet :

1. INTERNET

Internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antarjaringan komputer (network). Sedangkan, network sendiri diartikan sebagai suatu sistem komunikasi data antarkomputer. Contoh jaringan komputer yang paling sering ditemukan adalah LAN (Local Area Network). LAN menghubungkan komputer-komputer yang berada dalam suatu areal atau lokasi tertentu, seperti kantor, sekolah, perusahaan, warnet, dan lain-lain.

Gambaran sederhana dari Internet adalah beberapa komputer dihubungkan satu sama lain sehingga membentuk jaringan komputer (network). Kemudian, sejumlah network (jaringan komputer) digabung dan dihubung-hubungkan lagi sehingga jadilah Internet. Jadi, pengertian Internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem. Sedangkan, pengertian Internet secara khusus adalah suatu jaringan komputer terbesar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini. Untuk ringkasnya, Internet adalah jaringan komputer global, sedangkan jaringan komputer lokal (LAN) dinamakan Intranet.

Internet berasal dari impian J.C.R. Licklider (1915-1990) seorang psikolog di Massachusetts Institute of Technology. Impiannya itu tentang sebuah Galactic Networks di awal tahun 1960-an yang kemudian dapat terwujud setelah ia bekerja di Advanced Research Project Agency (ARPA) di Pentagon. Kemudian, Internet dikembangkan dalam suatu penelitian militer Amerika Serikat yang disebut Advanced Research Project Agency Network(ARPANet). ARPANet menghubungkan pusat penelitian Departemen Pertahanan dengan pusat-pusat penelitian yang ada di universitas-universitas di Amerika Serikat. Tujuannya adalah menghadapi kemungkinan terjadinya serangan nuklir karena sifat jaringan Internet tidak mudah dilumpuhkan hanya dengan merusak satu titik pusat layanan. Apabila satu titik diserang, maka sistem jaringan tetap dapat berfungsi. Internet memiliki protokol dan sistem pencari rute-rute alternatif untuk mengalirkan data dan informasi.

Untuk mendapatkan akses Internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan Internet atau Internet Service Provider (ISP). Dengan jasa perusahaan ISP ini, kamu akan mendapatkan jalur Internet (online) setelah menghubungkan komputermu dengan komputer servernya. Hubungan (koneksi) antara komputer pengguna dengan komputer server perusahaan ISP tersebut biasanya dilakukan lewat jaringan telepon (dial up) dengan menggunakan peralatan modem. Melalui komputer server yang dimiliki oleh ISP itu, kamu dapat terhubung dengan jaringan komputer sedunia (Internet). 

Internet merupakan sebuah kumpulan global (mendunia) ribuan jaringan komputer dan jutaan komputer pribadi yang dikelola secara bebas. Internet telah memungkinkan komunikasi antarkomputer dengan menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) atau IP (Internet Protocol) disingkat (TCP/IP) yang didukung media komunikasi, seperti satelit dan paket radio. Jadi, jarak jangkauannya tidak terbatas.

Internet dapat menghubungkan komputer dan jaringan komputer yang berada di ratusan negara dan departemen atau instansi, baik swasta maupun pemerintah. Melalui Internet, siapa pun dapat leluasa mengakses berbagai macam informasi dan berbagai tempat. Informasi yang dapat diakses dapat berupa teks, grafik, suara, maupun video. Siapa pun yang terhubung ke dalam jaringan dapat memperoleh atau memberikan informasi karena Internet menyediakan fasilitas-fasilitas yang memungkinkan setiap pengakses untuk berbagi informasi.

Jaringan Internet dapat pula berfungsi sebagai media konferensi. Sejumlah orang dapat melakukan diskusi dan komunikasi tanpa harus bertatap muka secara langsung satu dengan yang lainnya, tetapi hanya melalui layar komputer pribadi masing-masing. 

Internet bukan lagi menjadi istilah yang asing bagi sebagian besar orang yang bekerja di dunia komputer. Bahkan, bagi orang awam sekalipun, katakata world wide web (www) sudah menjadi bahasa keseharian mereka. Situssitus web menampilkan informasi apapun yang ada di segala penjuru dunia ini, tidak peduli seberapapun jauhnya. Informasi sains dan teknologi, berita perang, hasil pertandingan olahraga, sampai informasi yang sifatnya pribadi sekalipun sangat mudah didapatkan di web.

Web adalah sekumpulan komputer yang terhubung melalui kabel maupun tanpa kabel. Di antara komputer dapat berinteraksi sehingga data yang terdapat di komputer lain dapat diakses oleh komputermu. Sebaliknya, data yang ditampilkan di komputermu dapat diakses oleh komputer lain. Kemampuan akses ini tidak terbatas pada jarak sehingga data di seluruh dunia dapat saling dipertukarkan atau saling diakses. Keadaan ini yang memunculkan istilah world wide (mendunia) sehingga world wide web (www) artinya jaringan yang mendunia.

Bukannya tidak beralasan apabila manusia saat ini memilih web sebagai media penyampaian informasi. Dengan web, seseorang bisa mendapatkan informasi mengenai pendidikan, iklan, dan sebagainya. Web juga menjadi sarana komunikasi yang digemari karena sifatnya mendunia (world wide) dan menjadi ajang tukar pendapat bagi penggunanya.

Karena hal-hal tersebut, maka perkembangan web menjadi sangat cepat. Saat ini, web tidak sekedar menampilkan informasi saja, namun fungsi web makin meluas. Web mulai digunakan untuk aplikasi yang banyak membutuhkan interaksi dari pengguna. Bahkan, belakangan ini muncul istilah e-learning, e-commerce, e-goverment, virtual university, dan sebagainya, yang semuanya menggambarkan pemanfaatan teknologi informasi, termasuk web sebagai media penyampaian dan pengambilan informasi.

2. INTRANET

Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TCP/IP atau HTTP. Oleh karena itu, sebuah jaringan Intranet memiliki semua fasilitas yang dimiliki oleh Internet seperti e-mail, File Transfer Protocol (FTP), dan lain sebagainya. Jaringan Intranet merupakan jaringan Internet yang hanya dimiliki oleh kelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat diakses oleh orang lain. Tetapi, Intranet juga dapat terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internet working) melalui backbone Internet.

Intranet sangat mudah diterapkan, dipelajari, dikembangkan, dan dikonfigurasi ulang. Salah satu hal yang terpenting dalam Intranet adalah keamanan jaringan (network security). Isu ini sangat sensitif karena jaringan telekomunikasi komersial yang dipakai bersifat umum (public service communication network) sehingga rentan penyusupan dan penyadapan jaringan serta pembajakan data. Sejumlah teknologi keamanan canggih terus dikembangkan, seperti firewall dan enkripsi sehingga menjadi kelebihan tersendiri ketika diterapkan dalam Intranet. 

Intranet mulai didengung-dengungkan pada pertengahan 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yang mengacu pada kebutuhan informasi dalam bentuk web di dalam perusahaan. Intranet merupakan jaringan komputer dalam perusahaan yang menggunakan komunikasi data standar seperti dalam Internet. Artinya, semua fasilitas Internet dapat digunakan untuk kebutuhan dalam suatu organisasi atau komunitas.

Dalam perkembangannya, VPN (Virtual Private Network) diciptakan untuk membangun sebuah Intranet dengan jangkauan yang luas melalui jaringan Internet. Intranet sudah menjadi komponen penting dalam suatu perusahaan dewasa ini. Intranet dalam perusahaan akan berkembang sesuai dengan perkembangan perusahaan tersebut. Dengan kata lain, semakin besar suatu perusahaan, maka Intranet yang diperlukan juga semakin besar. Permasalahan ini akan semakin kompleks apabila perusahaan tersebut mempunyai banyak kantor cabang yang tersebar di berbagai kota dengan jarak yang jauh. Sedangkan, di lain pihak seluruh kantor tersebut memerlukan suatu metode untuk selalu berhubungan, misalnya untuk transfer dan sinkronisasi data. 

By : missthank

No comments: